Gunung Semeru - Ranu Kumbolo

Persiapan Mendaki Gunung Semeru Bagi Pemula

Advertisements

[et_pb_section bb_built=”1″][et_pb_row][et_pb_column type=”4_4″][et_pb_text _builder_version=”3.9″]

Siapa yang tidak kenal dengan Gunung Semeru? Jadi hits sejak launchingnya buku (+film) 5cm, banyak orang yang berlomba – lomba ingin menaklukan puncah mahameru di Gunung Semeru ini. Saya adalah salah satunya. Rencananya saya akan menaklukan kembali gunung ini pada  25 Mei 2018 mendatang. Untuk mendaki Gunung Semeru tentunya memerlukan beberapa persiapan, di mana setiap orang mungkin berbeda – beda. Tetapi inilah persiapan yang saya lakukan :

1. MELAKUKAN REGISTRASI ONLINE UNTUK PENDAKIAN GUNUNG SEMERU

Semenjak bulan Oktober 2017, pihak Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) memberlakukan sistem registrasi online melalui webiste TNBTS. Kuota hariannya adalah sebanyak 600 orang dan biaya Rp 22.500/orang/hari. Karena rata – rata pendakian diperlukan selama 3 hari 2 malam, jadi siapkan budget sebesar Rp 67.500/orang ya. Kemudian siapkan fotokopi KTP/SIM/Passport, surat keterangan sehat dari dokter (yang berlaku maksimal 4 hari), materai 6000, dan bukti pembayaran. Nah, semua berkas di atas dijadikan rangkap dua. Untuk rombongan saya ada 9 orang.

Baca juga : Pengalaman Mendaki Gunung Rinjani

[/et_pb_text][et_pb_image _builder_version=”3.2.2″ src=”https://www.muterindo.com/wp-content/uploads/2018/05/WhatsApp-Image-2018-05-06-at-9.56.16-PM.jpeg” align=”center” animation_style=”zoom” /][et_pb_text _builder_version=”3.2.2″]

2. TRANSPORTASI PESAWAT JAKARTA – MALANG – JAKARTA

Untuk berangkat ke Gunung Semeru dari Jakarta, sebenarnya kita memiliki beberapa opsi diantaranya pesawat atau kereta api. Nah, saya memilih menggunakan pesawat dari Jakarta – Malang – Jakarta dengan menggunakan pesawat citilink seharga Rp 1.100.000,00 yang dipesan di airyrooms. Dari Bandara menuju Rani Pani bagaimana Bang? Rencananya sih rombongan menggunakan carteran mobil. Detailnya menyusul yak. Maklum belum berangkat :p.

[/et_pb_text][et_pb_image _builder_version=”3.2.2″ src=”https://www.muterindo.com/wp-content/uploads/2018/05/Tiket-Pesawat.jpg” align=”center” max_width=”50%” module_alignment=”center” animation_style=”slide” force_fullwidth=”on” /][et_pb_text _builder_version=”3.2.2″]

3. PERALATAN PENDAKIAN GUNUNG SEMERU

Lama nya pendakian Gunung Semeru sangat menentukan kriteria barang yang harus kita bawa. Berikut adalah beberapa yang menjadi concern dari grup saya.

Tas : Trip saya menghabiskan waktu sebanyak 3 hari 2 malam sehingga akan membawa tas berukutan 75 liter. Deuter Aircontact pun menjadi pilihan saya.

Equipment Gunung Semeru : Sleeping bag, matras (bila perlu), tenda, senter, kompas/gps,multipurpose knife, korek api , masker, trekking pole (bila perlu), jaket hujan, sarung tangan gunung, tissue basah, botol minum ukuran besar (rekomendasi: water bladder), trash bag (untuk membawa pulang sampah makanan yang dibawa mendaki). Untuk persiapan malam dan udara yang dingin, siapkan jaket outer dan inner (polar/hangat), kaos kaki ekstra, rekomendasi kaos kaki bola yang tebal dan panjang. Bisa gunakan koyo tempel di telapak kaki dan tangan untuk menghangatkan diri ketika tidur.

Bekal Logistik : Makanan siap saji lebih diutamakan.

Bekal Pribadi : Baju dan Celana. Baju bola cukup direkomendasikan ketika mendaki, karena bahannya tipis, ringan, dan menyerap keringat. Celana jeans tidak direkomendasikan, apalagi kita ingin mendaki Gunung Semeru, karena bahannya menyerap air, berat, dan dingin. Untuk celana saya merekomendasikan celana kargo (yang banyak sakunya) atau celana gunung. 

Obat pribadi : Misalkan; Obat maag, obat sakit perut, obat pusing dan sakit kepala.

[/et_pb_text][et_pb_text _builder_version=”3.2.2″]

4. PERSIAPAN FISIK DAN MENTAL

Lebih Baik Mandi Keringat Dalam Latihan daripada Mandi Darah Dalam Perang

Slogan yang akan saya bawa dalam persiapan mendaki Gunung Semeru nanti. Walaupun yakin, fisik saat ini masih bersahabat dengan alam, latihan yang baik tentunya akan memastikan saya sampai puncak Gunung Semeru dan kembali dengan selamat bukan? Haha. Nah untuk persiapan naik Gunung Semeru ini saya melakukan lari rutin sejauh 4 km selama 2 minggu. Semoga cukup ya!

 

Kalau kamu suka naik gunung, baca juga blog saya yang lain ya -> GUNUNG GEDE PANGRANGGO

[/et_pb_text][/et_pb_column][/et_pb_row][/et_pb_section]

Persiapan Mendaki Gunung Semeru Bagi Pemula
Rate this post
Advertisements

2 thoughts on “Persiapan Mendaki Gunung Semeru Bagi Pemula”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *