Art New Museum 1

Art:1 New Museum dan Art Space Jakarta

Advertisements

[et_pb_section bb_built=”1″][et_pb_row][et_pb_column type=”4_4″][et_pb_text _builder_version=”3.6″]

by: Azaria Indrastuti

Untuk penduduk Jakarta yang ingin refreshing di luar rumah tapi bosan pergi ke mall, pergi ke museum dan galeri seni bisa jadi alternatif yang menyenangkan. Ada beberapa museum dan galeri seni modern di Jakarta yang menarik untuk dikunjungi, salah satunya Art:1 New Museum dan Art Space. Awalnya saya tertarik mengunjungi museum ini karena postingan seorang teman di instagram, dan cukup surprised, karena setelah puluhan tahun tinggal di dekat Kemayoran, saya baru tahu kalau di tempat ini ada museum dan galeri seni modern. Lokasinya berada di tengah perumahan yang membuat museum ini jauh dari bisingnya jalan raya, jadi para pengunjung bisa dengan santai menikmati karya seni tanpa terganggu suara berisik dari luar.

[/et_pb_text][/et_pb_column][/et_pb_row][et_pb_row][et_pb_column type=”1_2″][et_pb_image _builder_version=”3.6″ src=”https://www.muterindo.com/wp-content/uploads/2018/06/Foto-1.jpg” /][/et_pb_column][et_pb_column type=”1_2″][et_pb_image _builder_version=”3.6″ src=”https://www.muterindo.com/wp-content/uploads/2018/06/Foto-2.jpg” /][/et_pb_column][/et_pb_row][et_pb_row][et_pb_column type=”4_4″][et_pb_text _builder_version=”3.6″]

Museum ini berawal dari Galeri Seni Mon Decor yang didirikan oleh Martha Gunawan pada tahun 1983. Untuk menampung karya seni yang semakin banyak, didirikanlah Art:1 pada tahun 2011. Art:1 New Museum dan Art Space menampilkan karya lukisan, patung, instalasi, fotografi dan video art. Tempat ini terbagi menjadi dua area yang dihubungkan oleh koridor berdekorasi unik di setiap lantainya, yaitu Art:1 New Museum dan Art Space Gallery. Di area Art:1 New Museum, pengunjung bisa menikmati karya-karya dari para seniman maestro, seperti Popo Iskandar, Heri Dono, Antonio Blanco, dan Affandi. Karya seni yang berada di area ini tidak dijual, karena merupakan koleksi pribadi dari pemilik museum. Sedangkan Art Space adalah tempat untuk karya seni dari para seniman muda yang dapat dibeli oleh pengunjung. Semua kaya seni di tempat ini hanya akan dipamerkan selama tiga bulan, lalu diganti dengan karya seni lain dengan konsep yang sangat berbeda, jadi anda tidak akan bosan untuk mengunjungi tempat ini berkali-kali. Saat saya berkunjung ke tempat ini, Art Space sedang memamerkan lukisan dan instalasi seni dari para mahasiswa Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta. Tidak hanya menampilkan karya seni, tempat ini juga menyediakan ruang konsultasi untuk restorasi dan konservasi lukisan.

Baca Juga : Pedoman Muter Jakarta Maksimal Bayar Minimal

Bagi anda yang tidak terlalu menyukai keramaian, tempat ini cukup nyaman untuk dikunjungi karena pengunjungnya tidak terlalu padat dan tentunya sangat instagramable! (mungkin karena alasan itulah museum ini dijadikan lokasi shooting video clip lagu Bahagia dari GAC). Pengunjung diizinkan berfoto asalkan tidak menggunakan kamera DSLR dan mirrorless. Alhasil, saat itu saya harus puas mengambil foto hanya dengan kamera hp saja. Dan tidak boleh menggunakan flash, karena sinarnya dapat merusak karya seni. Spot foto favorit saya: di samping instalasi “The Beetle Sphere” karya Ichwan Noor yang berada di lantai dasar (instalasi berupa replika mobil VW Beetle yang dibentuk menjadi bola raksasa ini pasti juga pernah anda lihat di mall Kota Kasablanka) dan di depan bangunan museum dengan latar instalasi “Titik Jeda” karya Sunaryo yang berbentuk scaffolding berwarna merah dengan beberapa patung pekerja bangunan (yap, instalasi yang menjulang tinggi ini terletak di luar museum).

Museum tiga lantai ini juga dilengkapi dengan lift dan cafetaria yang menyediakan minuman, snack, dan beberapa buku di lantai dasar. Harga tiket masuk museum sudah termasuk welcome drink yang bisa diambil sendiri di cafetaria sebelum atau sesudah anda berkeliling museum. Harga tiketnya memang relatif lebih mahal dari museum lain di Jakarta, tapi saya pastikan anda tidak akan menyesal setelah membelinya. Jangan khawatir untuk urusan parkir, karena tersedia tempat parkir di basement yang cukup luas.

Lokasi : Jl. Rajawali Selatan Raya No.3, Kemayoran, Jakarta Pusat

Harga tiket : Rp. 35.000,- (hanya area Art Space)

Rp. 75.000,- (area Art New Museum + Art Space)

Jam buka : Selasa – Sabtu : Pukul 10.00-18.00 WIB

Minggu            : Pukul 10.00-16.00 WIB

Baca Juga : Lokasi Wisata Jakarta Ramah Anak

[/et_pb_text][et_pb_post_nav _builder_version=”3.6″ in_same_term=”off” /][/et_pb_column][/et_pb_row][/et_pb_section]

Art:1 New Museum dan Art Space Jakarta
Rate this post
Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *