Wisata Kuliner Kota Singkawang - Kalimantan Barat copy

Kuliner Kota Singkawang Yang Paling Popular

Advertisements

[et_pb_section bb_built=”1″][et_pb_row][et_pb_column type=”4_4″][et_pb_text _builder_version=”3.9″]

Salah satu kota di kalimantan barat, yang banyak dikunjungi wisatawan adalah singkawang. Di kota ini sebagian besar penduduknya memeluk agama khonghucu dan budha. Bahkan kota ini disebut sebagai kota seribu klenteng. Dengan julukan itu, membuat kota ini memiliki kuliner yang khas. Perpaduan makanan khas tionghoa dan indonesia. Berikut ini wisata kuliner di kota Singkawang yang popular dan halal.

Bubur Gunting

Bubur gunting bukan bubur yang terbuat dari bahan gunting. Bubur ini terbuat dari bahan biji kedelai yang direndam kemudian dimasak sampai berbentuk kuah kental manis. Dicampur dengan potongan cakwe yang panjang. Ketika menghidangkannya, pemilik warung memakai gunting untuk memotongnya. Inilah kenapa, bubur ini disebut sebagai bubur gunting. Jika ingin mencicipi makanan ini, anda bisa datang ke jalan antasari pagi hari. karena tokonya buka pada pagi hari saja.

Baca juga : Wisata Kuliner Kalimantan Tengah

Mie Tiaw Asuk

Di dalam bahasa singkawang, asuk artinya paman. Orang jawa mungkin akan salah sangka dengan namanya dan mengira makanan ini terbuat dari daging anjing (asu). Tetapi mie khas kalimantan ini tidak terbuat dari daging anjing. Pemilik kedainya menjamin bahwa makanan ini 100% halal. Terbuat dari mie pipih yang dicampur dengan daung cengkok, telur, tauge, kecap dan perasan jeruk nipis. Makanan ini berada di jalan yos sudarso.

Mie Kering Haji Aman

Wisata kuliner kalimantan barat selanjutnya adalah mie kering haji aman. Terbuat dari bakmi kering, yang dicampur dengan irisan telur, tahu bakso dan daging sapi. Lokasinya berada di jalan ahmad yani, sedau singkawang selatan. Harganya pun sangat terjangkau dan rasanya sangat enak. Menggunakan kuah kaldu yang istimewa. Warung makanan ini buka dari jam 8 pagi sampai 9 malam.

Choi Pan

Mungkin mudah menemukan choi pan di daerah lainnya. Karena sudah banyak warung yang menjual. Tetapi berbeda dengan chio pan khas kalimantan ini. lokasinya berada di jalan budi utomo no 38, kota Singkawang. Dimliiki oleh keluarga tionghoa bernama Tjhia. Makanan ini halal dikonsumsi, karena terbuat dari tepung berat yang diisi dengan ayam, udang dan ikan. Dibagian atasnya diberi taburan bawang putih goreng dan cuka kuah kecap asin yang khas.

Baca juga : Wisata Kuliner Kalimantan Timur

Rujak Thai Pui Ji (Rujak Ebi)

Rujak ini berbeda dengan rujak pada umumnya. Dibagian atas irisan buah, ditambah dengan ebi. Sehingga rasanya lebih bervariasi. Ada rasa asam, manis dan asin yang bercampur menjadi satu. Jika ingin menikmati rujak ebi, bisa datang ke jalan muslimin ismail nomor 8, kota Singkawang.

Bubur Pekong

Bubur pekong terbuat dari bubur beras yang dicampur dengan kaldu daging sapi, emping, kacang goreng, daun bawang dan ikan teri. Rasanya sangat enak, apalagi ditambah dengan emping goreng. Jika ingin mencicipinya, anda bisa menuju ke belakang viraha tri dharma bumi raya.

[/et_pb_text][et_pb_post_nav _builder_version=”3.9″ in_same_term=”off” /][/et_pb_column][/et_pb_row][/et_pb_section]

Kuliner Kota Singkawang Yang Paling Popular
Rate this post
Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *