Cita Rasa Kuliner Kalimantan Utara - Cover

Wisata Kuliner Kalimantan Utara Yang Makyus

Advertisements

[et_pb_section bb_built=”1″][et_pb_row][et_pb_column type=”4_4″][et_pb_text _builder_version=”3.9″]

Kaltara merupakan provinsi paling ujung pulau kalimantan yang berbatasan langsung dengan negara malaysia. Awalnya kawasan ini bergabung dengan provinsi kalimantan timur, tetapi sejak tahun 2012 kalimantan utara menjadi provinsi sendiri. Penduduknya, ada yang dari suku banjar, dayak, bulungan, kutai dan lainnya. Hal ini membuat kuliner khas kalimantan utara lebih bervariasi. Inilah wisata kuliner kalimantan utara yang makyus.

Lawa

Lawa hanya bisa ditemukan di kalimantan utara. Lawa merupakan makanan khas yang dibuat oleh kerajaan bulungan. Terbuat dari bahan dasar rumput laut dan timun. Kemudian dicampur dengan undang galah, parutan kelapa sangrai, udang raja dan lainnya. Terkadang udang diganti dengan kerang. Makanan ini sangat enak dikonsumsi sebagai makanan pembuka. Sudah banyak warung makan yang menjualnya.

Baca juga : Wisata Alam Kalimantan Utara

Kepiting Soka

Mungkin saat ini mudah menemukan kepiting soka, karena sudah banyak orang yang membudiyakannya. Tetapi kepiting soka di kalimantan utara ini wajib anda coba. Karena dibuat dengan bumbu yang khas. Dagingnya sangat lembut dan enak. Jika anda berkunjung ke kota tarakan, banyak sekali warung yang menjual kepiting soka ini.

Tumis Kapah

Kapah merupakan kerang laut yang banyak ditemukan di pantai tarakan. Kerang ini dimasak dengan bumbu pedas. Hampir semua warung seafood di kalimantan utara pasti menyediakan tumis kapah. Buat anda yang suka dengan masakan laut, wajib mencobanya. Di makan dengan nasi hangat, dan kuliner lain. Termasuk es kelapa muda yang segar.

Tudai

Wisata kuliner kalimantan utara ini juga terbuat dari bahan dasar kerang. Jenis kerang yang digunakan memang agak berbeda. Cangkanya tebal berwarna hitam dan memiliki daging yang tebal. Kerang ini banyak ditemukan di daerah bulungan. Proses pembuatannya dengan direbus kemudian dicampur dengan sambal goreng. Di acara pernikahan atau adat, pasti menyediakan makanan tudai ini.

Baca juga : Wisata Kuliner Kalimantan Tengah

Nasi Udang

Mungkin sangat mudah menemukan nasi udang. Tetapi nasi udang dari malinau berbeda dengan nasi udang pada umumnya. Makanan ini mudah ditemukan di kabupaten malinau. Udagnya berukuran besar dan dagingnya enak. Dibuat dengan cara digoreng dan diberi krispy. Kemudian dicampur dengan sambal pedas dan nasi hangat pulen.

Nasi Subut

Nasi subut merupakan makanan khas dari tana tidung kalimantan utara. Nasi ini berwarna agak keunguan. Terbuat dari campuran nasi, jagung dan ubi jalar ungu. Dicampur menjadi satu kemudian dikukus sampai masak. Untuk rasanya ditambah dengan penyedap dan garam. Makanan ini sering ditemukan pada acara adat. Dinikmati dengan lauk ikan, sambal dan makanan lainnya.

Wisata kuliner kalimantan utara identik dengan masakan laut yang enak. Karena provinsi ini memiliki jenis ikan yang banyak sekali. Oleh karena itu masyarakat banyak yang mengolahnya menjadi berbagai jenis kuliner yang enak. Mari Keliling! Muter Indonesia!

[/et_pb_text][et_pb_post_nav _builder_version=”3.9″ in_same_term=”off” /][/et_pb_column][/et_pb_row][/et_pb_section]

Wisata Kuliner Kalimantan Utara Yang Makyus
Rate this post
Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *