Kuliner Kalimantan Selatan - Soto Banjar Cover

Rekomendasi Kuliner Kalimantan Selatan (Soto Banjar)

Advertisements

[et_pb_section bb_built=”1″][et_pb_row][et_pb_column type=”4_4″][et_pb_text _builder_version=”3.9″]

Ketika berkunjung ke kalimantan selatan, jangan lupa untuk mencicipi kulinernya. Indonesia tidak hanya kaya dengan wisata alam tetapi juga wisata kulinernya. Begitu banyak makanan khas yang enak dan wajib dicoba. Kalimantan selatan terdapat pantai dan gunung, sehingga makanannya lebih beragam. Berikut ini rekomendasi wisata kuliner kalimantan selatan yang wajib dicoba.

Soto Banjar

Setiap daerah di indonesia, pasti memiliki kuliner khas soto. Di banjarmasin terdapat soto banjar yang wajib anda coba, soto banjar berbeda dengan soto pada umumnya. Isian sangat lengkap, ada bihun, irisan daging ayam, telur tebus, taburan bawang goreng dan kuah yang segar. Disajikan dengan nasi putih, ketupat atau lontong. Untuk mencicipi soto banjar sangat mudah, karena banyak warung yang menjualnya.

Baca juga : Wisata Alam Kalimantan Selatan

Sayur Kambang Tigarun

Sayur Kembang tigarun sekarang sangat sulit ditemukan. Karena bunga ini sudah sedikit jumlahnya. Hanya tumbuh di musim tertentu saja. Selain itu sudah sedikit orang yang membudidayakannya. Kembang ini memiliki rasa agak pahit, sehingga proses memasaknya harus benar. Sehingga rasanya tidak begitu pahit. Kembang ini sering digunakan untuk lalapan dan dibuat menjadi sayur yang enak.

Cacapan Asam

Wisata kuliner kalimantan selatan selanjutnya adalah cacapan asam. Cacapan asam sering disajikan dengan sayur kembang tigarun. Cacapan asam terbuat dari buah asam yang dicampur dengan cabai. Sehingga rasanya pedas asam yang nikmati. Bentuknya pun berbeda dengan sambal pada umumnya, karena agak cair. Selain dikonsumsi dengan sayur kambang tigarun, cacapan asam bisa dikonsumsi dengan ikan goreng atau ikan bakar.

Sate Tulang

Sate tulang bukan sate yang terbuat dari tulang. Sate ini terbuat dari bagian daging ayam yang tidak terpakai. Seperti lemak, kulit dan leher. Semua bahan tersebut digilang sampai halus, kemudian dicampur dengan bumbu lainnya. Daging gilang dililitkan pada batang bambu. Dicampur dengan bumbu pedas kemudian dibakar. Rasa sate tulang ini, campuran rasa pedas manis yang nikmat.

Baca juga : Cita Rasa Kuliner Kalimantan Tengah

Lontong Orari

Lontong orari menjadi makanan khas kalimantan selatan yang wajib anda coba. Lontong orari disajikan dengan kuah gurih yang enak. Sekilas bentuknya mirip dengan lontong sayur di jakarta. Tetapi yang berbeda bentuk lontongnya. Lontong orari bentuknya tidak bulat tetapi segitiga. Kemudian dicampur dengan ikan haruan.

Apam Batil

Apam batil terbuat dari tepung terigu yang dicampur dengan kuah santan. Pada saat bulan puasa, sering digunakan sebagai takjil. Bentuknya mirip dengan surabi tetapi warnanya lebih cokelat. Memiliki rasa yang manis dan gurih dari kelapa,

Selain wisata kuliner kalimantan selatan diatas, masih banyak makanan yang bisa anda coba. Dari makanan ringan sampai makanan berat pun ada. Sekian artikel kali ini, semoga memberikan informasi yang bermanfaat.

[/et_pb_text][et_pb_post_nav _builder_version=”3.9″ in_same_term=”off” /][/et_pb_column][/et_pb_row][/et_pb_section]

Rekomendasi Kuliner Kalimantan Selatan (Soto Banjar)
Rate this post
Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *