Ikan Bakar Nipah - Kuliner Pantai Lombok

Makanan Khas Pulau Lombok Yang Bikin Ngiler Pecinta Kuliner

Advertisements

[et_pb_section bb_built=”1″][et_pb_row][et_pb_column type=”4_4″][et_pb_text _builder_version=”3.9″]

Siapa yang bilang Pulau Lombok isinya hanya tentang traveling pantai dan alam melulu? Memang tidak bisa dipungkiri, pesona alam Pulau Lombok di Nusa Tenggara Barat memang susah dilawan. Tapi bukan berarti hanya itu saja yang bisa Anda nikmati di sana. Buat Anda yang doyan jalan-jalan dan menikmati makanan khas di daerah tujuan wisata, ini dia beberapa Makanan Khas Pulau Lombok untuk dimasukkan dalam daftar cicip wisata kuliner Anda.

Baca juga : Mendaki Gunung Rinjani Pertama Kali

Baca juga : Ke Nusa Tenggara Timur saja!

1. Ikan bakar Nipah

Nama ikan bakar ini diambil dari nama pantai di Pulau Lombok yaitu Pantai Nipah. Pantai Nipah sendiri merupakan salah satu destinasi wisata pantai yang sangat direkomendasikan di Pulau Lombok. Keindahan Pantai Nipah semakin menjadi-jadi saat Anda menikmatinya sambil menyantap menu ikan bakar Nipah ini. Ikan bakar yang terasa fresh karena merupakan hasil laut nelayan setempat akan membuat lidah bergoyang. Rasa khas daging ikan bakar berpadu dengan rempah-rempah balurannya. Menu ikan bakar Nipah ini sangat nikmat untuk dimakan bersama nasi putih yang hangat dan juga ditemani sambal plecing. Tidak jarang, sebagai pendamping, ikan bakar Nipah juga disajikan bersama dengan beberuk yang juga merupakan salah satu Makanan Khas Pulau Lombok yang akan kita bahas nanti. Untuk menemukan menu ikan bakar Nipah ini tidaklah sulit karena banyak tempat makan yang menyediakannya di sepanjang perjalanan Anda menuju Pantai Nipah khususnya mulai dari perbukitan Malimbu sampai ke daerah pantai.

2. Beberuk

Ya, nama beberuk sudah sedikit disebut sebelumnya. Pada dasarnya, menu ini adalah sajian pendamping alih-alih sebagai menu utama. Tapi untuk orang-orang yang tinggal di Pulau Lombok, beberuk sendiri seperti sudah menjadi menu wajib yang harus ada di setiap waktu makan. Beberuk terbuat dari olahan terong yang kemudian dicampur dengan sambal plecing khas Pulau Lombok. Terongnya sendiri bisa dibakar terlebih dahulu atau digoreng. Penyajiannya sendiri bisa berbeda-beda. Terong bisa disuir dan bisa juga dipotong kecil-kecil. Cita rasa terong yang manis ditubrukkan dengan sambal khas Lombok yang pedas namun nikmat. Dijamin Anda akan memesan nasi putih ekstra untuk menikmati menu ini sampai habis. Kombinasi dari kedua Makanan Khas Pulau Lombok ini, Ikan Bakar Nipah dan Beberuk, hanya membuat mulut kita bisa berkata “Syedap!”

3. Ayam Taliwang

Berdosa rasanya jika membahas Makanan Khas Pulau Lombok untuk para penggemar wisata kuliner tanpa menyebut ayam taliwang. Nama menu yang satu ini memang sudah sangat familier di telinga kita karena sudah banyak yang menjual menu ini di tempat-tempat makan di daerah lain di luar Pulau Lombok. Tapi rasanya akan lebih afdhol untuk menikmati menu ini di tempat asalnya, bukan? Perpaduan ayam yang dimasak dengan menggunakan ramuan bumbu khas Pulau Lombok dan diproses dengan cara dibakar. Jika Anda tidak menyukai ayam yang dibakar, tenang saja, Anda juga bisa menikmati ayam taliwang goreng. Sekali masuk ke mulut, bisa jadi Anda akan merasa satu porsi tidaklah cukup.

[/et_pb_text][et_pb_post_nav _builder_version=”3.9″ in_same_term=”off” /][/et_pb_column][/et_pb_row][/et_pb_section]

Makanan Khas Pulau Lombok Yang Bikin Ngiler Pecinta Kuliner
Rate this post
Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *