Sate Padang Paling Enak Tidak Terletak di Kota Padang - Cover

Sate Padang Paling Enak Tidak Berada Di Kota Padang

Advertisements

[et_pb_section bb_built=”1″][et_pb_row][et_pb_column type=”4_4″][et_pb_text _builder_version=”3.9″]

Sate Padang paling enak ternyata tidak terletak di Kota Padang! Sebuah klaim yang terlalu na’if tapi patut disimak. Orang Padang memang perantau yang mewarisi ilmu kuliner yang handal. Walaupun terkenal dengan restoran sederhana yang menjamur di seluruh kota di tanah air, sate padang pun menjadi cabang kuliner lain yang menjadi favorit bagi perantau dari kota Padang! Kali ini kita akan membahas sate padang paling enak yang ada di Kota Jakarta. hmmm, siap – siap untuk menahan ludahmu saat membaca artikel ini.

Kesan pertama yang menggoda datang dari aroma khas dari kunyit dan sereh. Irisan daging, lidah dan jerohan sapi dengan berbalutkan kuah kental kekuningan seakan merayu untuk kita santap. Ketupat yang menyembul di balik siraman kuah sate padang paling enak pun semakin membangkitkan selera kita. Yap! Itulah seporsi sate padang yang terhidang di depan hidung kita.

Sate Padang sebenarnya mempunyai tiga jenis varian sate, yaitu Sate Padang, Sate Padang Panjang dan Sate Padang Pariaman. Varian sate ini muncul karena kekhasan masing – masing daerah dalamn penggunaan daging dan lidah sapi sebagai bahan dasarnya. Beberapa penjual pun menambahkan jeroan seperti usus, paru dan jantung sapi untuk membuatnya menjadi sate padang paling enak sejagad! Ciri khas lain adalah rajikan bumbu khas tanah air, mulai daring bawang merah, bawang putih, cabe merah, jahe, kunyit dan serah yang dikentalkan dengan tepung beras dan dimasak bersama dengan kaldu sapi untuk menambah cita rasanya.

Sate Padang sebenarnya merupakan perpaduan dari Sate Padang Pariaman dan Sate Padang Panjang. Sate Padang Pariaman menggunakan lebih banyak cabai sehingga membuat warna merah menjadi lebih dominan dalam bumbu satenya, sedangkan Sate Padang Panjang memiliki warna lebih kekuningan karena menggunakan lebih banyak kunyit dalam racikan bumbunya.

Dalam khasanah gastromi nusantara, Sate Padang dan kuliner khas Suku Minangkabau dianggap sebagai salah satu penghuni kasta tertinggi. Bahkan kompas mengklaim rendang menjadi salah satu makanan terenak di dunia. Baca ceritanya di sini. Aroma rempah yang kuat pada kuah Sate Padang membuktikan bahwa orang Minang mempunyai kelihaian tersendiri dalam mengolah bumbu sehingga menjadikannya sate padang paling enak. Berikut adalah beberapa sate padang paling enak yang ada di Kota Jakarta!

 

1. Sate Padang Ajo Ramon

Ajo Ramon yang juga berarti Abang Ramon atau Uda Ramon adalah perintis dari salah satu sate yang termasuk dalam list sate padang paling enak di Kota Jakarta ini. Sate Padang ini menjadi salah satu favorit di kalangan penikmat kuliner khas Kota Padang. Menurut salah satu juru parkir di sekitar tempat ini, beberapa artis dan pejabat publik kerap datang dan menjadi langganannya, seperti Bunga Citra Lestari dan Agung Laksono.

Sate Padang Ajo Ramon memiliki banyak cabang yang tersebar di Pasar Raya Blok M, pusat kuliner Blok S, Cikajang nomor 72, Mall Artha Gading, Mall Kelapa Gading, hingga di Summarecon Bekasi. Menurut saya, sate padang paling enak adalah yang terpusat di pelataran pasar Santa, Jalan Cipaku. Hanya dengan merogoh kocek sebanyak Rp 25.000, saya sudah dapat menikmati sate padang paling enak ini. Yang penting datangnya di antara jam 16.00 – 24.00 WIB ya.

 

2. Sate Padang H Ajo Manih

Kuliner khas Sumatera Barat yang terletak Jalan Balai Pustaka Timur, Rawamangun, Jakarta Timur wajib masuk dalam jajaran sate padang paling enak di Kota Jakarta. Posisinya berada di seberang Pasar Swalayan Tip Top. Di baderol seharga Rp 24.000, kita akan mendapatkan 10 tusuk sate padang dan ditaburi ketupat yang lumayan banyak. Sungguh worth it buat kantong kita. Jam buka sate padang ini adalah jam 17.00 WIB sd 01.00 WIB. Cocoklah buat orang – orang yang suka kelaparan di malam hari!

 

3. Sate Padang Murni

Sate Padang Murni sangat mengambarkan Sate Padang Pariaman (Masih ingat khan pembahasan variasi sate padang di atas? hehe). Sate ini memiliki harga yang juga tidak kalah terjangkau. Hanya dengan Rp 20.000, kita akan mendapatkan sate padang + ketupat. Sebuah porsi yang lebih dari cukup bagi saya yang sedang menjalani diet #eh. Sate Padang Murni buka dari pukul 18.00 WIB sd 01.00 WIB. Yang membuat kedai ini unik adalah bahwa Sate Padang Murni memiliki 27 jenis bumbu dan beberapa diantaranya merupakan bumbu utama dalam bahan pembuatan bumbu Rendang! Rendang dan Sate Padang bersatu!

Itulah tiga sate padang paling enak di kota Jakarta menurut MuterIndo! Apakah kamu memiliki rekomendasi sate padang yang lain?

 

[/et_pb_text][et_pb_post_nav _builder_version=”3.9″ in_same_term=”off” /][/et_pb_column][/et_pb_row][/et_pb_section]

Sate Padang Paling Enak Tidak Berada Di Kota Padang
Rate this post
Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *