Bekal Makanan Naik Gunung - Cover

Bekal Makanan Yang Harus Dibawa Untuk Mendaki Gunung

Advertisements

[et_pb_section bb_built=”1″][et_pb_row][et_pb_column type=”4_4″][et_pb_text _builder_version=”3.10.2″]

Mendaki gunung sekarang bukanlah suatu hobi yang hanya dinikmati oleh segelintir orang. Sejak demam 5cm melanda, banyak orang yang terpincut akan olahrga atau hobi ini. Baik cowo maupun cewe, tua maupun muda, bersedia untuk melangkah setapak demi setapak demi bisa menikmati perjalanan di pegunungan. Bagi beberapa yang ambisius, puncak gunung adalah tujuan mereka! Bagi para pendaki, mendaki gunung akan melatih mental mereka (mental gain) sehingga menjadi pantang menyerah dan selalu mencari jalan untuk menggapai mimpi mereka!

Yang perlu kita ingat adalah bahwa semua pendaki, baik tua maupun muda harus melakukan persiapan yang cukup sebelum, saat dan sesudah naik ke puncak gunung. Kita perlu mempelajari mengenai tips survival, trik mendaki dan bekal makanan yang perlu dibawa saat menaklukan puncak gunung! Agar kita semakin siap untuk menyiapkan perbekalan untuk mendaki gunung, MUTER INDO akan berbagi perbekalan yang biasanya kami bawa. Berikut adalah 5 bekal makanan wajib para pendaki. Simak baik baik ya climbers.

1. Membaca beras merupakan bekal makanan wajib bagi kamu para pendaki

Pada umumnya, kawan pendaki selalu membawa mie / pop mie untuk menjadi sumber tenaga, menggantikan nasi, ketika ingin menaklukan puncak gunung. Siapa sangka bahwa sepiring mie yang memiliki 300 kalori (lebih tinggi dari nasi yang memiliki 200 kalori) tidak menjamin bahwa kamu akan memiliki tenaga yang cukup untuk menaklukan puncak gunung. Hal ini disebabkan kalori pada mie diperoleh dari Natrium yang apabila berlebih akan menyebabkan kita mengalami hipertensi. Oleh karena itu, MUTER INDO mengajak kawan pendaki untuk back to basic dengan mengonsumsi nasi untuk menjadi sumber kekuatan kita. Apabila kita bosan dengan nasi, Oatmeals dapat menjadi substitutenya.

2. Makan sayur sop / cap cay

Rasanya sangat kurang apabila kita hanya makan nasi saja saat mendaki gunung. Oleh karena itu, MUTER INDO menyarankan untuk membawa sayur – sayuran ketika kita sedang plesiran ke gunung. Selain gampang dimasak, rasa sayur yang dimakan di gunung akan berkali kali lipat lebih lezat dari makanan manapun yang ada di kota. Tidak percaya? Coba saja!

3. Sosis, Abon ataupun kering tempe untuk menjadi sumber protein

Selain nasi, telur menjadi bekal makanan wajib yang biasanya di bawa oleh para pendaki. Tapi para pemula yang belum berpengalaman sering menumpahkan telur tersebut di dalam tas. Hiks! Sungguh pengalaman yang tidak mengasyikan. Walaupun sekarang sudah ada egg holder untuk mencegah hal itu terjadi, bentuknya yang cukup besar (si egg holder) membuat tas ransel kita menjadi kepenuhan.

Beberapa guide pun tidak menyarankan para pendaki untuk membawa sarden / kornet ataupun makanan berkaleng. Hal ini disebabkan makanan berkaleng kerap kali merobek trash bag saat di bawa turun. Perlu protein? Bawalah sosis, abon ataupun kering tempe. Selain praktis, ketiga makanan tersebut tidak akan menyebabkan sampah!.

4. Wedang Jahe untuk menghangatkan tubuhmu di malam hari

Sehabis makan, kita tentunya perlu minum kan sahabat? di sini, kami ingin merekomendasikan minuman yang sangat penting untuk dibawa. Jika kamu butuh badan yang hangat di saat dinginnya malam, pada umumnya itu berarti kamu merindukan kasih sayang! Sebagai pengganti kasih sayang, wedang jahe dapat menjadi penolong dalam dinginnya malam. Saat ini, banyak minuman sachet yang terbuat dari campuran jahe, sereh dan tanaman – tanaman herbal lain yang dapat menghangatkan tubuh kita tanpa efek samping.

5. Gula Merah atau Madu untuk meningkatkan stamina

Walaupun kawan pendaki yang membawa gula merah sering dibilang pendaki kere. Ternyata itu hanyalah asumsi yang tidak beralasan. Ya walaupun dibilang kere, ternyata mereka sangat smart. Ini adalah beberapa fungsi dari gula merah (i) menambah energi ; (ii) meredakan sakit perut ; (iii) mengurangi rasa sakit bagi kaum perempuan yang haid di perjalanan mendaki ; (iv) meningkatkan daya tahan!

Demikian ulasan bekal makanan wajib bagi para pendaki. Punya saran lain? Yuk komen di bawah. Terus Keliling! Muter Indonesia!

 

[/et_pb_text][et_pb_post_nav _builder_version=”3.10.1″ in_same_term=”off” /][/et_pb_column][/et_pb_row][/et_pb_section]

Bekal Makanan Yang Harus Dibawa Untuk Mendaki Gunung
Rate this post
Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *