20180821 - Buah Tangan Khas Kuliner Jakarta Posting

3 Buah Tangan Lezat Khas Kuliner Jakarta

Advertisements

[et_pb_section bb_built=”1″][et_pb_row][et_pb_column type=”4_4″][et_pb_text _builder_version=”3.10.2″]

Berlibur ke Jakarta, apa sajakah yang ingin dilakukan? Selain berwisata ada hal penting lain dan tidak boleh terlewatkan yakni berburu kuliner Jakarta. Meskipun Jakarta dikelilingi gedung-gedung pencakar langit dan dikenal sebagai kota metropolitan, tidak semua kuliner lezat hanya bisa dijumpai di restoran mahal saja. Masih banyak kuliner enak lainnya yang dapat dinikmati dengan harga terjangkau dan dapat sekaligus dijadikan buah tangan. Harganya yang ramah dikantong ini dijamin Anda bisa memborong banyak cemilan sebagai oleh-oleh khas Jakarta.

Cemilan Lezat Khas Jakarta

Baca juga! Keuntungan Travel Online Dalam Bepergian

1. Putu Mayang

Cemilan pertama ini merupakan salah satu jenis kue tradisional Betawi, dimana Betawi sendiri merupakan penduduk asli Jakarta. Bahan dasar putu mayang ialah tepung kanji atau tepung beras yang dimasak bersama santan dan gula merah, perpaduan bahan ini memberikan rasa lembut, legit sekaligus gurih. Hasilnya jelas memberikan paduan rasa yang lezat dan nikmat. Cara mengkonsumsinya cukup menyiramkan santan atau gula merah atau bisa membubuhi taburan kelapa dan gula diatasnya sebagai topping, Putu Mayang pun siap disantap.

Baca juga! Pengalaman Mendaki Gunung Rinjani

2. Kue cucur

Kuliner Jakarta selanjutnya yaitu kue cucur sangat mudah dijumpai di kawasan pasar Jakarta. Kue ini mempunyai bentuk bundar dengan tebal ditengah namun tipis dibagian tepi. Dulu rasa kue cucur hanya ada rasa manis gula merah, tapi kini ada banyak varian rasa dari kue cucur yang semakin berinovasi. Pembuatan kue ini cukup mudah dimana adonan kue dituangkan kedalam wajan cetakan kue dengan minyak yang cukup banyak, jadi tidak mengherankan bila kue ini sedikit berminyak. Nama cucur sendiri diambil dari cara pembuatannya dalam menuangkan adonan kue seperti air yang mengucur, jadilah namanya kue cucur.

3. Roti Buaya

Buaya merupakan hewan ganas yang tinggal diperairan dan juga rawa, meskipun termasuk hewan buas tetapi buaya termasuk hewan yang setia. Dia tidak akan berganti-ganti pasangan seperti hewan-hewan lainnya, oleh sebab itu buaya dijadikan lambang kesetiaan. Roti buaya sendiri memang roti asli masyarakat Betawi yang biasanya disajikan dalam acara lamaran atau pernikahan. Roti yang jadi kuliner murah Jakarta ini memang dibuat seperti buaya, untuk menunjukkan lambang kesetiaan pasangan. Dulu roti buaya hanya akan dibuat ketika ada sebuah hajatan lamaran atau pernikahan saja, namun seiring berjalannya waktu roti buaya dapat ditemukan setiap saat. Cocok juga dijadikan buah tangan, karena hanya akan dijumpai di kawasan Jawa Barat khususnya Jakarta.

Itulah tadi tiga cemilan asli dari Jakarta yang cocok juga dijadikan oleh-oleh. Meskipun sama-sama kue, namun ketiganya mempunyai cita rasa khas tersendiri dengan rasa berbeda. Selain lezat, kuliner Jakarta tersebut mempunyai makna tersendiri dan sarat akan budaya, jadi makanan seperti ini patut pula dilestarikan keberadaannya.

[/et_pb_text][et_pb_post_nav _builder_version=”3.10.2″ in_same_term=”off” /][/et_pb_column][/et_pb_row][/et_pb_section]

3 Buah Tangan Lezat Khas Kuliner Jakarta
Rate this post
Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *