20180824 - Etika Pengunjung Tempat Wisata Posting

Ini Dia Beberapa Etika Pengunjung Tempat Wisata!

Advertisements

Siapa bilang Anda bisa seenaknya berwisata, mengunjungi tempat wisata, dan kemudian pulang begitu saja. Ada beberapa etika dan hal-hal yang sebaiknya tidak Anda lupakan agar wisata Anda benar-benar berkualitas dan berkesan. Apa saja hal-hal tersebut? Di bawah ini Anda bisa melihat penjelasannya.

Baca juga : Keuntungan Travel Online Dalam Bepergian

1. Sebelum Berangkat

Usahakan untuk selalu mencari tahu selengkap-lengkapnya tentang tempat wisata yang akan Anda kunjungi. Ada baiknya Anda menggunakan berbagai macam sumber untuk melengkapi informasi tersebut. Yang paling mudah tentu saja adalah dengan menggunakan sumber online. Anda bisa browsing mengenai tempat wisata tersebut dengan sangat mudah dan cepat. Atau bisa juga Anda mencari tahu dari orang-orang yang sudah pernah ke sana sebelumnya. Percayalah, membaca atau mendengarkan dari pengalaman orang yang sudah benar-benar ke sana akan lebih memberikan gambaran yang jelas tentang tempat wisata tujuan Anda itu.

Cobalah cari tahu lokasinya dan bagaimana cara Anda bisa ke sana. Jangan lupakan juga informasi tentang tarif masuknya (jika memang berbayar) atau malah gratis. Coba juga cari informasi tentang kemungkinan event yang diselenggarakan di tempat wisata tersebut. Kemudian coba cocokkan dengan jadwal keberangkatan Anda. Apakah ada kemungkinan bagi Anda untuk bisa melihat event tersebut saat berada di tempat wisata tujuan Anda? Sebagai contoh, Anda berencana untuk ke Jogja. Anda tahu di Jogja banyak sekali tempat wisata yang menarik. Tapi jika Anda datang di waktu-waktu tertentu, Anda bisa menjadi saksi pergelaran kebudayaan yang sangat mengesankan. Ambil saja contoh Kirab Kraton yang dilaksanakan pada bulan Maulud (menurut kalender Islam) atau Upacara Nglarung di Pantai Parangtritis sebagai bentuk persembahan dan rasa syukur pada hasil laut yang biasanya dilaksanakan pada bulan Muharram (lagi-lagi menurut kalender Islam).

Baca juga : Jangan Lupakan Hal Ini Sebelum Pergi Liburan

2. Ketika Berada di Tempat Wisata

Jika Anda sudah berada di tempat wisata tujuan Anda, ini waktunya bagi Anda untuk menikmati momen wisata Anda. Pastikan Anda gunakan waktu Anda seefektif mungkin agar Anda bisa mendapatkan pengalaman wisata yang optimal. Tapi ingat juga kondisi fisik Anda. Banyak wisatawan yang ujung-ujungnya harus mendapatkan perawatan medis karena mereka memaksakan diri mereka untuk menikmati momen wisata mereka. Seimbangkan antara waktu bersenang-senang dan beristirahat agar Anda bisa melanjutkan momen wisata Anda selanjutnya menurut agenda yang sudah Anda susun.

Selalu ingat untuk bersikap sebagai wisatawan atau turis yang cerdas dan bijak. Anda boleh-boleh saja menikmati momen wisata Anda tapi Anda juga memiliki tanggung jawab untuk menjaga tempat wisata tersebut. Jangan sampai Anda merusak apapun yang ada di sana. Dan pastikan untuk tidak buang sampah sembarangan. Saya yakin di semua tempat wisata pasti sudah terdapat tempat sampah. Kalaupun Anda tidak bisa menemukannya, coba simpan dulu dan membuangnya nanti saat Anda sudah menemukan tempat sampah. Mari kita jaga bersama tempat wisata yang kita kunjungi agar bisa dinikmati oleh orang-orang lain setelah kita.

Jangan lupa untuk menjaga barang bawaan Anda selama berwisata sebaik mungkin. Kejadian kriminal bisa saja terjadi saat Anda sedang berwisata. Inilah kenapa sangat disarankan untuk membawa barang seperlunya saja saat berwisata. Barang-barang yang lain bisa Anda tinggalkan di hotel atau penginapan Anda dan pastikan Anda mengunci pintunya. Hindari mengenakan perhiasan yang berlebih. Usahakan juga untuk membawa uang secukupnya saja sambil tetap membawa ATM kalau-kalau Anda butuh uang ekstra.

3. Sebelum Pulang

Cek lagi semua barang-barang yang Anda bawa. Jangan sampai ada yang tertinggal. Ingat-ingat lagi apakah ada pesanan oleh-oleh yang belum dibeli. Pastikan juga agar Anda tetap berhati-hati dan waspada setiap saat agar Anda bisa selamat kembali lagi ke rumah supaya Anda bisa menceritakan pengalaman wisata Anda ke keluarga di rumah atau ke teman-teman Anda.

Itulah beberapa Etika yang perlu kita jalani sewaktu berkunjung ke tempat wisata. Bukankah sebebas – bebasnya kita, tetap lebih baik apabila kita bertanggung jawab terhadap kebebasan tersebut? Mari nikmati Indonesia! Dan jaga agar anak cucu kita juga dapat menikmatinya. Salam Muterindo!

Ini Dia Beberapa Etika Pengunjung Tempat Wisata!
Rate this post
Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *